Jalan Jalan Di Moscow IV (Kremlin)


Tsar Cannon

Orang Russia menyebut Tsar Pushka, sebuah meriam besar buatan tahun 1586 milik Tsar Feodor. Lokasi meriam besar ini di Kremlin, tidak terlalu jauh dari Red Square tepatnya disebelah Tsar Bell. Yang menarik, ada tiga buah peluru didepan meriam ini tetapi diameter pelurunya jauh lebih besar dari lubang meriam. Artinya, meriam dan ketiga peluru tadi dibuat hanya untuk hiasan saja. Katanya sih meriam ini masuk dalam Guiness Book Of World Record sebagai meriam terbesar yang pernah dibuat manusia sampai saat ini. Meskipun cuma hiasan, yang penting rekor terbesar didunia🙂.

Tsar Bell
Letak lonceng raksasa ini hanya beberapa langkah disebelah meriam raksasa Tsar Cannon di Kremlin. Loncengnya pecah dengan pecahan diletakkan dibawahnya. Katanya 30 orang bisa masuk kedalam lonceng tersebut. Orang Russia menamakan Tsar Kolokol dan juga tercatat sebagai lonceng terbesar didunia dengan berat 216 ton, tinggi 6.14 m dan diameter 6.6 m. Lonceng ini nggak pernah berbunyi karena sudah pecah sejak dibuat pada tahun 1733-1735. Pecahannya saja beratnya 11.5 ton, pantas saja nggak bergerak sedikitpun digoyang goyang bersama 4 orang.

Cathedral Of The Anunciation

Ini salah satu dari beberapa cathedral tua yang ada di Kremlin. Dibuat oleh arsitek Pskov pada 1484-1489. Pintu barat dan utara dilapis emas sedangkan lantainya dari batu jasper. Kubahnya katanya juga lapis emas asli. Dinding dinding penuh dengan hiasan gambar kuno, fresko, icon dan lain lain, saat ini tidak dipakai lagi dan dijadikan obyek tontonan turis saja. Saya nggak ngerti apa maksud gambar gambar tadi, pokoknya ngikut arus para turis saja. Ke kiri ya ngikut kekiri, ke kanan juga ngikut, masuk kedalam juga ngikut. Suasananya suram terlalu banyak gambar sampai ke atap segala. Lukisannya menurut saya nggak bagus amat sih, tetapi katanya cukup jelas bercerita tentang kehidupan didunia dan di akherat.

Cathedral Of The Dormition

Cathedral ini juga tidak kalah tuanya dengan yang lain dan letaknya juga tidak terlalu jauh dari cathedral yang lainnya, masih dikawasan Kremlin – belakang Red Square. Dibuat tahun 1475 – 1479 oleh arsitek Italia Aristotle Fioravanti. Cathedral ini tempat para Tsar Russia dinobatkan. Konon tahun 1941 ketika Russia diserang Nazi Jerman, pemimpin Russia Joseph Stalin ngumpet didalam gereja dan berdoa untuk keselamatan bangsa dan negaranya dari serangan Jerman. Didalam banyak kuburannya, hiiii ngeri ah. Ada sedikit tanda tanya saya, bentuknya kok mirip masjid, ada mihrab tempat imam memimpin sholat berjamaah tetapi didepannya sudah difungsikan sebagai meja altar dan ada juga mimbar. Jangan jangan dulunya pernah dipakai sebagai masjid.

Kremlin Palace

Tunggu ceritanya ya, catatannya sedang ketlingsut …
Manege Square
 
Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s