Jalan Jalan Di Moscow III (Red Square)


Cerita dibawah masih lanjutan dari cerita Jalan Jalan Di Moscow sebelumnya dan masih disekitar Red Square. Selain St Basil Cathedral yang tersohor dimana mana, bangunan bangunan yang mengelilingi Red Square ini punya nama dan sejarah yang berbeda beda. Diantaranya yang terkenal adalah sbb :

Voskresensky (Resurrection) Gate

Pintu gerbang memasuki Red Square ini didirikan tahun 1535. Kemudian strukturnya dibangun ulang pada tahun 1680. Berwarna merah bata dan terdiri dari dua buah gerbang dimana diatasnya terdapat atap berbentuk kerucut oktagonal berwarna hijau. Ada beberapa ruangan diatas pintu gerbang yang tidak kita ketahui peruntukannya karena kita tidak tertarik untuk naik keatas, kesel jalan terus. Resurrection itu artinya bangkit, nggak jelas apa maksudnya mungkin ada hubungannya dengan agama kristen yang percaya bahwa Isa/Jesus suatu saat akan bangkit kembali dari kematian. Tapi mana kok nggak saya jumpai gambar gambar atau icon tentang hal itu di gerbang ini.

The Saviour (Svasskaya) Tower

Dibangun pada tahun 1491 oleh arsitek Pietro Antonio Solari dan bertahun tahun sejak dibangun tidak mempunyai nama. Nama baru muncul sekitar tahun 1787 sejak arsitek Matvei Kazakov membangun Kremlin Senate yang letaknya tidak begitu jauh dari tempat ini. Letak tower ini hanya beberapa puluh meter dari St Basils Cathedral. Seperti biasanya jam kota dimanapun juga, dentang suara jam sangat ditunggu tunggu oleh warga setempat maupun turis asing. Deng …. deng ….. deng ….., setelah bunyi habis para pendengarnya yang ngumpul dibawahnya langsung bubar. Kita juga ikut ikutan, nggak tahu maksudnya dan nggak ngerti dimana letak keindahan suaranya. Menurut saya ya sama saja seperti Jam Gadang di Bukittinggi atau jam di Plaza Senayan.

Moscow State Historical Museum

Ini adalah museum sejarah Russia, bangunannya terletak diseberang St Basils Cathedral atau tepatnya sekitar 50 langkah dari pintu gerbang Voskresensky (Resurrection) Gate. Museum ini sudah ada sejak 1872 dan digunakan untuk promosi sejarah Russia. Koleksinya banyak sekali mulai dari mata uang kuno, emas, manuscript abad 6  sampai kapal tua yang ditemukan didasar sungai Volga. Website resminya adalah http://www.shm.ru/ . Silahkan baca kalau bisa, di museum inipun kita juga bengong karena nggak kita temukan tulisan bahasa Inggris, jadi yang kita lakukan hanya jalan jalan saja lihat orang nonton benda kuno. Menarik lihat penontonnya daripada lihat benda kuno yang tidak kita ketahui sejarahnya.

Mousoleum Lenin

Kuburan pemimpin terkenal Russia ini terletak tepat ditengah tengah Lapangan Merah (Red Square) dan berada dalam bangunan yang tampak lebih baru dibanding dengan dinding tua dibelakangnya. Tubuh Lenin yang dibalsem atau diawetkan ini bisa dilihat umum setiap hari kecuali hari Senin dan Jumat mulai jam 10:00-13:00 dan sudah berada ditempat ini sejak kematiannya pada tahun 1924. Pemerintah pada saat itu memutuskan untuk mengawetkan setelah menerima lebih dari 10000 telegram yang meminta agar Lenin diawetkan agar bisa dilihat oleh generasi mendatang. Akhirnya profesor pathologist dan anatomist Alexei Ivanovich Abrikosov ditunjuk sebagai orang yang bertanggung jawab untuk mengawetkan Lenin. Stalin sebenarnya juga diawetkan dan berada dalam gedung ini bersama Lenin sejak kematiannya tahun 1953, tetapi pada tahun 1961 pada saat kekuasaan dipegang Kruschev, terjadi pembersihan apapun yang berbau Stalin (de-Stalinization) sehingga jenasah Stalin dikeluarkan dan dibakar (diperabukan) seperti rakyat biasa dan abunya dikubur di dinding Kremlin persis dibelakang mousoleum ini. Catatan : Sepanjang dinding Kremlin ini berjajar jajar abu jenasah orang terkenal Rusia seperti Yuri Gagarin, Anton Chekov, Konstantin Chermenko, Leonid Breznev, Soyus 11, Ustinov dan masih banyak lagi. Tapi nggak kayak kuburan sama sekali, lebih mirip pot bunga di trotoar daripada kuburan.

Kazan Cathedral

Namanya sama dengan yang di St Petersburg, cuma yang di Red Square ini kecil dan berteralis besi. Cathedral ini hanya sekitar 50 langkah dari gerbang utama Voskresensky (Resurrection) Gate dan sudah ada sejak 1630. Pernah dibakar dan dihancurkan pada tahun 1632 tetapi direkonstruksi kembali oleh Peter Baranovsky pada tahun 1929-1932 sehingga bentuknya bisa kita lihat seperti saat ini. Tahun 1936 pernah Stalin memerintahkan Red Square agar bersih dari gereja dan bangunan ibadah hanya untuk persiapan parade tentara dan Baranovsky adalah orang yang pontang panting menyelamatkan Kazan Cathedral dan St Basil  Cathedral agar tidak dirobohkan pada saat itu. Dan hasilnya kita masih bisa melihat saat ini …., katanya sih sudah ada beberapa bagian yang telah dihancurkan, pantesan mepet sekali dengan trotoar.

GUM – Main Department Store

Penduduk setempat menamakannya GUM, terasa asing dan lucu didengar tetapi memang itulah nama yang umum diucapkan untuk sebuah department store atau mall besar yang terletak di Red Square, persis berhadap hadapan dengan Musoleum Lenin. Bangunannya juga nggak kalah tuanya dibangun tahun 1890 dan 1893 oleh Alexander Pomerantsev (architecture) dan Vladimir Shukhov (untuk engineeringnya). Yang menarik, atapnya terbuat dari kaca jadi sangat hemat listrik karena matahari menyinari seluruh gedung. Hangat pula terkena sinar matahari.

Jumlah toko yang ada lebih dari 1200 dan umumnya semua merek terkenal ada di mall ini. Sangat populer dikalangan turis pemburu barang barang branded karena katanya lebih murah dari negara manapun juga. Tahun 1928 pernah digunakan Stalin untuk kantor dan pada saat istri Stalin meninggal karena bunuh diri pada tahun 1932, jenasahnya dipajang di tempat ini. Hii…. ngeri juga dengar sejarah Russia.

Monumen Minin And Pozharsky

Monumen ini terletak persis didepan St Basil’s Cathedral. Semula saya mengira patung ini bagian dari St Basil’s tetapi ternyata bukan. Patung ini dibuat untuk mengenang pangeran Dmitry Pozharsky dan Kuzma Minin yang berjasa menyatukan para tentara sukarelawan untuk mengusir musuh dari Kremlin tahun 1612 (saat itu Russia dikuasai Polish-Lithuanian Commonwealth). Aslinya monumen ini terletak ditengah tengah Red Square, tetapi pemerintahan komunis yang berkuasa meminta untuk memindahkan patung tersebut pada tahun 1936 agar Red Square bisa digunakan untuk keperluan parade tentara.

Baca Juga :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s