Melihat Arsitektur Indah Bangunan St Petersburg


Sudah sering saya jalan jalan di negara dingin tetapi baru di St Petersburg ini saya benar benar kedinginan tetapi tetap saja nekat jalan terus melihat bangunan bangunan kota St Petersburg yang indah dan bercita rasa seni tinggi. Banyak bangunan yang dilindungi UNESCO sehingga kota ini boleh dikatakan masih tetap terjaga keaslian dan keindahan bangunan dan tata kotanya. Banyak bangunan ibadah berbagai macam agama termasuk Islam, Hindu dan Kristen, tetapi sudah jelas yang paling banyak adalah gereja Kristen dari berbagai macam aliran seperti Orthodox, Katolik Roma, Lutheran atau aliran aliran yang lain dan ada juga Synagog orang Yahudi. Artinya, nggak benar bahwa kehidupan beragama dilarang di Russia baik jaman sekarang maupun jaman komunis beberapa tahun lalu. Yang benar adalah bangunan antik sekarang dilindungi UNESCO dan hanya dijadikan obyek wisata saja atau tidak dipakai untuk ibadah lagi. Bukannya dilarang untuk ibadah.

Kazan Cathedral

Ini adalah bangunan ibadah orang orang Kristen Orthodox yang terletak di tengah jalan utama St Petersburg, Nevsky Prospekt. Bangunannya melebar dan tampak agung dan dalam sejarahnya pernah digunakan sebagai Museum Sejarah Agama Dan Atheism, pernah juga digunakan sebagai monumen lambang kemenangan Russia atas Napoleon. Bangunan sangat tua sekali tercatat mulai dibangun tahun 1801.

St Isaac’s Cathedral

Bangunan Neo Klasik ini konon memerlukan waktu 40 tahun untuk pembangunannya dan merupakan pesanan Tsar Alexander I. Dibangun mulai tahun 1818 – 1856, sangat luar biasa lama dan hasilnya juga luar biasa penuh dengan relief dan detil yang njlimet, pilar pilar dan lantai terbuat dari batuan granit merah dan marmer dan disana sini terlihat lapisan emas yang membuat kita terkagum kagum termasuk melihat kubah emasnya. Sepintas bangunan ini mirip gedung Capitol di Washington DC.

Church Of The Saviour On Spilled Blood

Namanya serem sekali, konon nama tersebut diberikan ke gereja ini sehubungan dengan pembunuhan Alexander II yang terjadi ditempat ini pada 13 Mar 1881. Dibangun tahun 1883 oleh anak dari Alexander II yaitu Alexander III sebagai penghormatan terhadap ayahnya. Pembangunannya sangat lambat dan baru selesai pada saat Nicholas II berkuasa pada tahun 1907. Bentuk arsitekturnya sangat mirip dengan gereja terkenal yang terletak di Red Square Moscow, yaitu St Basil.

Peter And Paul Fortress

Ini adalah kota St Petersburg yang asli, tidak begitu luas dan dikelilingi dengan sungai Neva dan benteng yang kokoh untuk pertahanan. Didalamnya layaknya sebuah kota juga berisi bangunan gereja dengan kubah yang lain daripada yang lain, runcing dan menjulang keatas dengan warna emas yang mencolok. Tempat ini juga pernah dijadikan penjara politik pada tahun 1720. Yang paling mencolok adalah Peter and Paul Cathedral dan kuburan kuburan para Tsar Russia.

Winter Palace

Istana musim dingin ini adalah tempat tinggal resmi Tsar Russia. Di istana inilah sejarah Russia dibentuk, termasuk cerita cerita pembantaian yang sering disebut dengan Bloody Sunday tahun 1905 dimana pada saat itu terjadi demo damai besar besaran terhadap Tsar Nicholas II. Demonstaran ingin menyerahkan petisi ke Tsar secara langsung tetapi dihadapi dengan senjata oleh pengawal istana. Jumlah korban ada yang mengatakan sekitar 4000 orang, tetapi pengakuan resmi penguasa hanya 99 orang saja. Revolusi October 1917 juga terjadi ditempat ini. Halaman istana ini sangat luas dan disebut Palace Square.
Hermitage Musseum
Ini adalah bagian dalam dari komplek istana Tsar – Winter Palace dan palace palace disebelahnya. Saat ini sudah dijadikan museum negara dan termasuk dalam salah satu museum tertua yang dibangun oleh Catherine The Great pada tahun 1764 dan dibuka untuk umum pada tahun 1852. Dimana mana berserakan emas, mulai dari pintu, dinding, pilar dan langit langit sampai furniture dan semua perabot istana. Bisa dibayangkan, seberapa kaya Tsar Russia pada saat itu
Advertisements

One response to “Melihat Arsitektur Indah Bangunan St Petersburg

  1. waaah seru sekali. saya tertarik dengan rusia. sekarang saya lagi belajar bahasa rusia. hehe. kehidupan dirusia gimana sih?cerita dong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s