Cara Orang Russia Mencari (Tambahan) Uang


Ada banyak cara untuk mendapatkan uang di St Petersburg maupun Moscow, terutama didaerah daerah yang banyak dikunjungi turis atau tempat tempat yang selalu ramai tempat lalu lalang orang jalan. Yang masih sehat dan segar bugar umumnya ngamen dengan menunjukkan keahliannya. Dimana mana banyak terlihat orang kesana kemari membawa alat musik (katanya sih mahasiswa seni musik).
Mereka harus bersaing dengan orang yang kurang beruntung seperti pengamen sejati. Ada juga yang jagoan main Circus, Russia memang terkenal dengan ‘Circus’nya.
Tetapi ada juga yang sudah terlalu uzur untuk bersaing keahlian dan ketangkasan dengan yang lebih muda sehingga cukup mengharapkan sedekah dari orang lain. Semoga diberi kemurahan rejeki bagi orang orang yang kurang beruntung ini.

 

Diantara cara mendapatkan uang halal yang cukup menarik adalah sebagai berikut :
    Kazan Cathedral – St Petersburg
    Waktu kita jalan jalan di Cathedral besar dan antik ini, tiba tiba muncul dua orang laki laki dan perempuan dengan pakaian yang cukup berat jaman Tsar dengan warna yang meriah. Yang wanita memakai gaun merah menyala dan yang pria dengan pakaian hijau yang tidak kalah menyalanya juga, entah pakaian Tsar tahun berapa. Mereka menawarkan photo bersama, cara bayarnya berdasarkan jumlah mereka berganti gaya. Terserah mau dijepret berapa kali dengan satu tustel atau banyak tustel selama gaya mereka tetap sama ya cukup bayar RUB 150. Tetapi mereka juga akan memberitahu kalau akan berubah gaya, kalau kita setuju ya mbayar lagi tambahan RUB 150. Ngamen cara ini juga kita temui di beberapa taman kota.
    Photo Studio – St Petersburg
    Kalau yang ini adalah ajakan untuk berphoto di studio memakai baju tradisional Russia.Salesmannya datang dan menawarkan photo photo cantik turis dari berbagai penjuru dunia yang sedang mengenakan pakaian tradisional Russia, mulai pakaian keluarga Tsar sampai pakaian sederhana penduduk pedesaan. Jasa photo studio ini termasuk ‘ndandani’ semirip mungkin dengan Tsar Rusia atau dengan wong ‘ndeso’ Russia. Biaya photo dan biaya sewa pakaian dihitung tersendiri. Semakin ‘berat’ pakaian jelas semakin mahal. Diajari juga cara menari pergaulan cara Russia yang umum dilakukan didesa desa.
      Tentara Jaman Komunis – Kremlin Moscow
      Saat ini Rusia adalah negara federal bukan negara Komunis lagi. Segala macam atribut Komunis atau sesuatu yang berbau Lenin dan Stalin dijadikan barang souvenir. Bendera partai komunis, kaos kaos bergambar Lenin dan Stalin dengan tulisan yang diplesetkan agar lucu, emblem atau tanda pangkat tentara, logo KGB sampai seragam tentara jaman Komunis dulu semua ditawarkan ke turis. Photo bersama dengan ‘tentara tentara’an dengan pangkat Jendral sampai photo sedang digeledah agen KGB semua bisa dilakukan di Moscow. Bayarnya RUB 100 sekali jepret.
      Circus – Old Arbat Street Moscow
      Ini yang paling nyaman karena memakai baju badut yang tebal. Temperatur udara sekitar 0 – 5 Derajat Celcius kalau tidak memakai baju tebal dan tidak bergerak bisa beku jadi es batu, makanya badut circus di old arbat ini paling lincah bergerak kesana kemari. Mulai dari bagi bagi brosur, atraksi naik sepeda roda satu sampai melempar puluhan bola dengan tangan satu.
      Advertisements

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s