Cara Ngurus Visa Russia Dari Kuwait


Jaman dulu, Russia terkenal dengan nama “Negara Tirai Besi”, Begitu tertutupnya negara itu, sehingga masyarakat dari negara manapun tidak bisa datang berkunjung ke Russia, tetapi  istilah itu  terkikiskan juga. Sekarang Russia sudah tidak tertutup lagi, kita sudah bisa berkunjung ke nagara tersebut dengan mudah dan bisa menjelajah ke bagian manapun diseluruh negeri Russia tanpa ada rasa was was selalu dibuntuti dan dicurigai oleh agen KGB (Ck ck ck, apa ya seremnya …..). Ada 4 kota atau daerah tujuan wisata yang dipromosikan keseluruh dunia, yaitu Moscow, St Petersburg, Kazan dan Ribinsk. Tetapi St Petersburg dan Moscowlah yang paling banyak didatangi  turis.

Untuk bisa mengunjungi negara Russia maka syarat utamanya adalah punya “Invitation Letter” dari orang Russia disana, baik berupa badan hukum atau perusahaan maupun perorangan. Surat undangan ini kemudian dilampirkan untuk mendapatkan Visa Turis ,Visa Bisnis atau jenis Visa yang lain. Cara prosesnya juga sangat sederhana sekali, termudah dari yang pernah kita alami. Mungkin Russia sudah benar benar insyaf, mempersulit orang datang ke negaranya. 

Pingin tahu caranya, ada dua cara yang bisa anda coba :

  1. Proses Visa Russia secara Online melalui visatorussia.com
    Cara ini yang paling mudah dan murah. Untuk Visa turis, biaya hanya USD 30 atau sekitar KD 9 atau kalau mau cepat USD 45 atau tidak lebih dari KD 15. Visa bisnispun paling mahal cuma USD 250, tergantung mau berapa kali multiple entrynya. Apabila invitation letter sudah anda terima, maka kita tinggal datang ke kedutaan Russia di Kuwait untuk mendapatkan Visanya dan ditempel di passport kita. Jangan lupa siapkan pasphoto ukuran passport 1 buah saja, latar belakang bebas bisa biru, merah, hitam, putih dll.
  2. Menggunakan jasa agent yang ditunjuk oleh kedutaan Russia
    Kedutaan Russia yang ada di Kuwait ini maunya bersih saja, urusan “invitation letter” bukan tanggung jawabnya, kita diharuskan mencari sendiri. Nah, agent di Kuwait yang ditunjuk Kedutaan Russia saat ini hanya hanya satu saja yaitu Majestic Tour &Travel. Jangan menghubungi alamat dan no telpon yang tercantum di visatorussia.com, sudah lama alamat yang Di Hawally tidak dipakai lagi. 

    Alamatnya yang sekarang berada disamping NBK di Kuwait City, didekat Souk Al Kabeer. Parkirnya amat susah sekali . Biayanya per Visa jadi sangat mahal , tetapi kita nggak perlu datang ke kedutaan Russia, bahkan nulis untuk mengisi formpun tidak kita lakukan.  Biaya pembuatannya  KD 80/ pasport . Untuk proses Visa ini  akan beres dalam waktu 2 – 4 hari saja dan tahu tahu sudah diantar kerumah. Cukup menyerahkan satu buah pas photo dan menunjukkan civil ID saja.

    Majestic Tour & Travel Co.
    PO Box 29962 Safat 13160 Kuwait
    Tel +965 2456402/3
    Fax 2463288

Apabila Visa sudah ditangan, jangan lupa Booking pesawat, Hotel, Kereta Api atau sewa mobil. Cari tour package dan guide sendiri juga boleh, tetapi saya sarankan untuk mengatur sendiri semua perjalanan anda. Menggunakan jasa Majestic Tour juga bisa tetapi kemungkinan 50 % dari uang anda akan lari ke Majestic atau tour travel yang diajak kerjasama oleh Majestic di Russia. Ikuti saja cara saya blusak blusuk keliling dunia dibawah ini, kalau sudah terbentur masalah baru pakai jasa Tour & Travel, kalau nggak ada masalah ya lebih baik untuk mencoba Russian Cuisine disana.

  1. Cari Pesawat Paling Murah Dan Transit Paling Cepat
    KUWAIT – ISTANBUL – ST PETERSBURG
    Banyak sekali penerbangan ke Russia dengan biaya yang sangat bervariasi (umumnya mahal sekali). Untuk penerbangan ke Russia Kuwait Airways tidak ada, maka harus mencari penerbangan yang lain. Yang saya pilih adalah Turkish Airways. Karena penerbangan ini mempunyai route ke St. Petersburg – Russia. Karena tujuan pertama jalan-jalan kita kesitu. Tidak harus putar-putar dulu.  Kita bisa terbang langsung dari Kuwait menuju ke St Petersburg dan hanya transit di Istanbul beberapa jam saja. Pesawat lain umumnya ke Moscow saja, dan kalau kita menggunakan Ettihad Airways, Emirates Airways atau Qatar Airways maka kita harus transit di Abudhabi, Dubai atau Qatar (kearah selatan bumi) jadi buang buang waktu. Ada penerbangan selain itu adalah  British Airways  routenya kearah utara bumi dulu dan transitnya bisa sehari sendiri. Apakah  anda mau  tidur dibandara. Bisa-bisa cuti liburan berkurang satu hari hanya karena transit.

    ST PETERSBURG – MOSCOW
    Kalau waktu anda pendek, saya sarankan untuk menggunakan pesawat Aeroflot saja. Sangat murah sekali karena konon penerbangan di Russia disubsidi pemerintah agar bisnis di Russia menggelinding dengan cepat. Tetapi kalau anda ingin petualangan, silahkan naik kereta api. Kalau naik kereta api perjalanan St Petersburg – Moscow lama perjalanan lebih kurang 9 jam. Harga tiket kereta api kelas satu bisa dua kali harga tiket pesawat Aeroflot. Anda bisa beli tiket kereta api online melalui Russian Rails atau kalau mau ke web yang direkomendasikan oleh Buku Tourist Guide Lonely Planets, maka book saja melalui Destination Russia

    MOSCOW – ISTANBUL – KUWAIT
    Saya sarankan booking Turkish Arwaysnya sekaligus pulang pergi Kuwait-Istanbul-St Petersburg dan Moscow-Istanbul-Kuwait. Kalau bookingnya ngecer maka harga tiket pesawat akan menjadi lebih mahal.

  2. Booking Hotel Online
    Sekarang jamannya internet, banyak sekali informasi mengenai hotel murah tinggal pilih saja mana website yang aman dan bisa dipercaya. Kalau saya, selalu menggunakan referensi buku buku tour guide atau majalah pariwisata, misal Lonely Planets. Dan Juga melihat Trip Advisor. Anda bisa booking melalui Booking Online atau kalau mau hostel yang  murah meriah anda bisa lihat kunjungi Hostel Bookers. Saya paling senang kalau sewa Apartment, disamping ruangnya lebih besar dari Hotel, kita cukup sewa satu apartment saja untuk berempat. Karena di dalamnya sudah ada dua kamar tidur. Kalau Hotel harus dua kamar terpisah karena anak anak sudah dihitung dewasa. Kelebihan lain adalah bisa masak masakan di Apartment. Tahu kan apa maksudnya ?
  3. Booking Tour  (Kalau Ingin Punya Guide)
    Saya paling senang tour ‘own arrangement’, maksudnya kluntang klantung kesana kemari sak enaknya sendiri bermodalkan peta dan buku petunjuk tour dari Lonely Planets. Kalau bisa sewa mobil akan lebih baik, nggak bisa ya naik angkutan umum, bisa nyoba rasanya naik MRT (Mass Rapid Transportation), Bus Kota, Kereta Kuda/Andong/Dokar, Tram Listrik atau jalan kaki nggak tentu arah. Mau memulai jalan ribut dulu….kanan dulu atau kiri dulu….itulah seninya…Kalau  pingin punya guide, saya rekomendasikan Tours By Locals. Guidenya adalah penduduk lokal yang ngerti benar blusak blusuk warung uenak dan murah di kotanya. Anda harus janjian karena umumnya pekerjaan utamanya bukan guide. Kalau anda dapat seorang guru, maka dia akan ijin mbolos ngajar dulu. Mbayarnya  tergantung kesepakatan bersama dan tidak menghitung biaya per kepala. Cukup bayar biaya satu hari, berapapun jumlah anggota keluarga/rombongan kita dia akan layani (ada jumlah maksimum tentu). Tiket masuk obyek wisata, sewa mobil dan pernak pernik lainnya kita harus bayar sendiri dikota tujuan. Jadi jelas lebih  murah karena barangkali kita tidak menginginkan masuk ke obyek wisata tertentu, cukup photo dari luar saja, dan guidenya mau diajak kesana kemari sesuka kita Uenak kan …, bisa ditemani guide pribadi. Ngirit dan tidak ngiritnya atau mahal dan murahnya sesuai dengan selera masing-masing …orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s