Cairo – Hari Kelima Di Egypt


Hari terakhir di Egypt benar benar kita manfaatkan untuk pamitan dengan mas Sphinx. Sayang sekali mas Sphinx sedang ngambek cemberut dan tampak tidak mau kita tinggalkan, usapan tangan di dagu mas Sphinx tidak bisa meluluhkan hatinya yang telah menjadi batu. Akhirnya disaksikan oleh mas Ardi, aku sempatkan juga untuk mencium mas Sphinx untuk yang terakhir kalinya. Selamat tinggal ya mas Sphynx, sampai jumpa lagi
Mas Sphinx ini sendirian didepan 3 pyramid raksasa Cheops, Khufu,Chepren dan pyramid pyramid yang lebih kecil bernama Khafre dan Menkaure. Karena terletak di Giza, pinggir kota Cairo maka pyramid pyramid tersebut lebih dikenal sebagai Pyramid Giza. Kalau malam hari, ada acara Light & Sound, jangan dilewatkan untuk melihat Light & Sound kita bisa melihat dan mendengar sejarah Pyramid ini. Sound systemnya sangat bagus sekali meskipun di udara terbuka.
Tips :
  • Banyak orang yang menawarkan onta untuk dinaiki atau sekedar sebagai latar belakan photo ditempat ini. Ucapkan ‘La Shukron’ yang artinya ‘No Thank you’. Setelah itu ya jangan diphoto ontanya, anda akan dikejar kejar untuk diminta bayaran.
  • Banyak juga polisi yang mengarahkan kita agar photo ditempat tertentu yang ‘menurutnya bagus’ atau mengajak photo bersama. Kalau anda setuju, siapkan juga uang kecil, pak polisi tadi tidak segan segan minta upah didepan orang banyak.
  • Banyak juga penata artistik atau orang yang akan membantu untuk memphoto anda, sebagai contoh photo pantat kesundut pyramid ini. Kalau anda membuka dompet untuk mengambil uang kecil sebagai tips, orang itu dengan gagah berani menunjuk lembaran uang yang lebih besar dan menolak lembaran uang kecil. Sebaiknya tidak membuka dompet ditempat umum, tetapi selalu siap dengan uang kecil.
  • Untuk masuk kedalam pyramid perlu tambahan biaya EGP 20 (masuk area pyramid biayanya EGP 100). Disamping harus menunduk, didalam pengap sekali dan oksigen sangat kurang saking banyaknya pengunjung yang masuk. Hati hati bagi yang mudah pingsan karena kekurangan oksigen dan jangan lupa bawa air minum. Masuk ke kuburan pyramid semacam ini ternyata panas dan cepat haus, rasanya memang sudah dekat dengan panasnya neraka.

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s