Cairo – Hari Ketiga Di Egypt


Pada hari ketiga ini, kita berangkat dari Luxor menuju ke Cairo dengan menggunakan Egypt Air. Tidak ada penerbangan lain selain Egypt Air dan tampaknya Luxor – Cairo termasuk jalur gemuk karena setiap jam ada penerbangan. Perjalanan hanya satu jam seperempat saja. Sebenarnya banyak alternatif transportasi dari Luxor ke Cairo seperti Kereta Api dan Cruise (kapal turis menyusuri sungai Nil), tetapi kita mau yang cepat saja karena waktu yang terbatas. Rasanya pingin sekali segera melihat kota Cairo setelah puas 2 hari melihat Luxor yang penuh dengan keledai.
Di bandara Cairo kita sudah ditunggu dua orang mahasiswa Al Azhar yang sengaja menjemput kita untuk dibawa ke penginapan kita di Wisma Nusantara. Ternyata ada juga mobil Avanza di Mesir, kita dijemput pakai mobil Avanza. Acara pertama adalah City Tour keliling Cairo, misal photo photoan di stadion tempat Anwar Sadat ditembak mati oleh tentaranya sendiri pada saat defile peringatan hari kemenagan perang dengan Israel dan photo bersama tentara tradisional Mesir yang menjaga kuburan Anwar Sadat didepan stadion.
Check in di Wisma Nusantara cukup mengejutkan juga karena ternyata hotel yang dikelola mahasiswa Al Azhar ini cukup bersih dan memiliki fasilitas yang lengkap termasuk TV kabel dan jaringan internet 24 jam. Makan siang juga sudah disiapkan dan menunya tidak asing lagi, sayur lodeh, kerupuk udang dan lauk tempe goreng yang terasa luar biasa sedapnya setelah lama tidak pernah merasakan karena tinggal di Kuwait.

Banyak yang bisa kita kunjungi di Cairo, diantaranya adalah :

  • Pyramids Giza & Sphinx.
  • Pyramid Sakkara.
  • Open Air Museum Memphis .
  • Pyramids Dashur.
  • Pyramid Meidum.
  • Egyptian Museum
  • Castle of Saladin
  • Pasar “Khan El-Khalili”
  • Gereja Gantung 
  • Gereja Santa Barbara
  • Gereja St. Sergious
  • Ben Ezra Synagogue.
  • Sultan Hassan Mosque.
  • Ahmed Ben Tulun Mosque.
Setelah makan siang, ternyata waktu yang tersisa hanya bisa digunakan untuk mengunjungi Museum Nasional Mesir dan Pasar Khan El Khalili.
Egyptian Museum
Musium Nasional Mesir ini sangat besar dan luas sekali. Seluruh isi kuburan raja raja mesir di Luxor dipindahkan ke museum ini, isinya mulai dari peti mati, atribut atribut raja dan harta yang ditemukan didalam kubur dan juga mayat raja itu sendiri yang terawetkan dengan sempurna. Ternyata mummy yang kita lihat di museum ini tidak seseram seperti dalam film film horror. Mummy di musium ini benar benar seperti kayu berwarna hitam legam dan kering. Kain kafan yang menutupi juga wajar wajar saja seperti layaknya kain kafan tidak seperti kertas tissue yang dibalutkan ke sekujur tubuh seperti di film horror. Sayang tidak boleh mengambil photo didalam museum.
Pasar Khan El Kalili
Ini baru pasar tradisional yang benar benar layak dikunjungi turis. Disamping ukurannya yang besar sekali, isinya berbagai macam kerajinan tradisional mesir dan juga negara sekitarnya. Betul betul surga bagi turis karena ternyata di pasar ini harganya juga tidak begitu mahal. Jauh sangat berbeda dengan ‘orang orang Luxor’, di pasar ini penjualnya tidak memasang harga yang terlalu tinggi dan tawar menawarpun masih bisa kita dapat dengan harga yang wajar. Bandingkan dengan ‘orang orang Luxor’, barang seharga EGP 50 bisa ditawarkan dengan harga EGP 500. Lalu berapa kitaharus menawar ?
Beruntung punya guide mahasiswa mahasiswa Al Azhar, tertarik barang apapun selalu dibantu untuk menawar dalam bahasa Arab. Akibatnya dibanding dengan barang yang telah kita beli di Luxor, barang barang disini jadi sangat murah sekali, dan tidak bakalan tertipu. Semua barang yang kita beli di pasar ini berkualitas bagus dan nggak rugi deh punya guide mahasiswa dan juga pengurus penginapan Wisma Nusantara Mesir.

Baca Juga :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s