Pempek Enginering


Seperti apa bentuk dan rasanya kalau Pempek Palembang dibuat oleh para Engineer kelas kakap yang sudah malang melintang di segala sudut dunia ? Nah ini terjadi di Kuwait, para engineer ngumpul bersama bukan untuk mendesign sesuatu barang yang musykila tetapi untuk acara masak bersama. Acara seperti ini bukan untuk yang pertama kalinya diadakan di rumah kita di Mangaf, tetapi yang pertama kali bisa mengumpulkan para engineer dengan jumlah banyak, paling tidak lebih dari 15 orang engineer tumplek bleg di dapur.

Rasanya sebagai pemilik blog yang selalu dibaca oleh keluarga rekan rekan engineer yang belum membawa keluarganya ke Kuwait, ada rasa ikut bertanggung jawab untuk menjaga para bapak bapak  agar tidak keluyuran tidak tentu arah di Kuwait ini, yaitu selalu mengajak  kumpul bersama, menghibur agar tidak bersedih jauh dari keluarga dan sejenak melupakan rutinitas kerja di lingkungan baru Kuwait. Hasilnya menurut saya tidak begitu mengecewakan, paling tidak saat saat kritis hari week end bisa kita isi dengan acara yang positif, positif bagi rekan rekan  dan positif juga bagi kita karena tidak perlu memasak.
Ada beberapa kelompok ‘tidak resmi’ yang secara natural terbentuk dengan sendirinya di dapur rumah kita. Kelompok kelompok ini sesuai dengan keahlian ekstrakurikuler diluar kerja seperti nyuci piring, mbuang sampah dan lain lain, anggap saja Team :
  • Pempek Engineering Team yang dimotori oleh pak Diswan yang memang asli Palembang dan sudah cukup piawai dalam membuat Pempek Palembang. Pempek ‘Lenjer’ dan ‘Kapal Selam’ dibuat dengan sedikit inovasi sesuai dengan ke’engineeringan’ pembuatnya dan ukuran dibuat sesuai ukuran  pemesan. Pak Irfan paling jelas sekali, ukuran pempek ‘Lenjer’nya kecil sekali karena beliau tidak percaya dengan mak Erot.
  • Sambal goreng Udang team. Dimotori oleh Pak Imam. Dengan rasa pedasnya  minta ampun. Tetapi cukup uenak juga. Terbukti ludes dimakan.
  • Ikan Rica Rica Team . Dengan komandan Pak Rafiq. Dibantu oleh Pak Wahyu, Pak Ade serta semuanya ikut menambahkan bumbu2 ke masakan . Dengan hasil akhir  bukan yang dimaksud Rica Rica tetapi jadi Opor Ikan fillet .  
  • Team Basah, team ini kerja ditempat paling basah yaitu nyuci piring dan perkakas lainnya di wastafel. Karena kerjanya paling berat akibatnya makannya juga paling banyak. Dan karena piring dan sendok semua dibawah kendali dan kontrolnya maka team ini paling bebas memilih piring yang paling besar sendiri. Rajin juga buang sampah dan membersihkan meja.
  • Team Sholat . Maksudnya selalu mengingatkan waktu saatnya Sholat wajib datang. Ketua team ini paling repotnya bukan main. Selalu memandangi Jam tangan. ” Kurang lima menit”  kata-kata itu yang sering keluar.  Tiba saatnya adzan harus bubar semua dan berangkat sholat ke masjid di dekat rumah kami.
  • Team Ngakak, nah ini yang paling banyak anggotanya tugasnya juga tidak ringan, membuat cerita cerita segar dan lucu untuk jadi bahan tertawa bersama. Tugas lainnya adalah mencoba makan dan motonya ‘Saya coba dulu, ikuti kemudian’. Selain guyonan juga menghibur dengan nyanyi, bermain musik dan tentu saja joget dangdut. Dari lagu Rhoma Irama sampai Inul Daratista bahkan sampai lahu cicak Rowo…..wis pokok top.  Team Riang Ria komandannya Pak Rudi.
Tidak pernah ketinggalan seperti biasanya pada acara kumpul kumpul dirumah kita selalu dihibur oleh beberapa artis artis dan pemain musik kagetan yang biasanya lebih dekat dengan urusan teknis daripada nyanyi dan bermain musik, sebut saja Iskandar yang langsung turun pegang keyboard. Akibatnya yang nyanyi ke utara dan yang bermain musik ke selatan. Tetapi lumayan juga, ada beberapa yang sangat berbakat jadi vokalis dan bisa direkrut untuk masa depan “TKIKOC Band”. Hebatnya lagi pak Ustad Arif tidak cuma merdu melafazkan Al Qur’an tetapi bisa juga menyanyi dengan lagu lagu berat.
Bakat bakat terpendam juga muncul, misal Fahrizal yang sudah lama tidak pernah bermain guitar tetapi begitu pegang electric guitar langsung saja nge’rock’ sehingga penyanyinya pak Rudi Zamrud harus teriak teriak karena keteteran ngikuti. Lebih berantakan lagi ketika dimunculkan lagu lagu dangdut, kacau tetapi goyang teruussss.
Advertisements

One response to “Pempek Enginering

  1. Pak Ardy,Wah terima kasih PAK ARDY & KEL untuk tempatnya dalam acara kemaren……………(Ruar biasa sekali) ACARA SPONTAN YG TIADA DUANYA…………….Banyak bakat2 yang ditemukan dan bisa dikembangkan lebih lanjut.P Imam & P Rafiq (Jago MASAK), P Ardy, P Ahmad Farizal, P Iskandar (Jago NGEBAND)P Wahyu + P Uztad Arif (Jago GORENG), P Irfan (Jago MAKAN), P Yanto ,& SAYA ( Jago Ngiris Bawang).P Ade ( Jago Vokalist ternyata he he), P Sholeh aslinya beliau Juga (Jago Masak Lho)Tak lupa Ibu Ardy (Mbak Susy) kalo beliau ini jelas luar biasa masakannya………..Ditambah Bintang tamu P Dirman (dari KCC= Kuwait Catalys Company) Mastes EMPEK2 kita,P Joko (dari KJO) jago cuci cuci piring he he……….Wah acara yang menyenangkan mudah2an berkah buat tuan rumah yg kesedian tempatnya AmienMudahan2 bisa dijadikan suatu acara yg teragendakan sendiri semacam ini he he………MUANTAP KAWANSSalamRZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s