Lebaran Di Jordan


Seperti biasa, selalu saja ada hari libur ekstra di Kuwait, kali ini adalah libur lebaran 2008, nggak tanggung tanggung 5 hari !, mulai 30 Sep – 4 Oct 08. Mau pulang mudik ke Indonesia jelas terlalu singkat, jauh dan mahal. Dua bulan sebelum lebaran sudah dirancang mau ke Jordan saja karena kabarnya visa bisa diurus di bandara tempat tujuan (On Arrival Visa), jadi nggak ribet harus ke kedutaan segala. Untuk negara GCC (Bahrain, Oman, Qatar, UAE,dll) memang kita sudah lama mengetahui tidak diminta visa bagi seluruh penduduk Kuwait termasuk pendatang. Tetapi untuk ke Jordan, terpaksa harus searching informasi di internet dulu agar yakin memang negara tersebut memberlakukan visa on arrival.

Dengan informasi terbatas, akhirnya mantap kami mencoba booking pesawat Al Jazeera secara online dua bulan sebelum berangkat, dan ternyata sudah fully booked. Tidak putus asa, kami datangi beberapa travel agent dan dapat. Ternyata dua bulan sebelum hari raya idul fitri semua seat pesawat sudah di block travel agent, akibatnya kami harus bayar harga seat jauh lebih mahal. Akhirnya berangkat tanggal 1 Oktober dan pulang tanggal 5 Oktober. 4 hari/3 malam Cukup untuk berpetualang ke Jordan.

Di Jordan, kami sudah mantap mau rental mobil saja dan ada banyak sekali rental mobil di Jordan yang bisa di book secara online melalui websitenya. Cukup searching melalui google. Karena berangkatnya masih lama, maka booking rental mobil kami tunda dulu, celakanya setelah itu kami lupa dan baru booking kembali dua hari sebelum lebaran, akibatnya fully booked.

Di bandara Queen Alia Amman Jordan, visa bisa On Arrival, ngantrinya lamaaa sekali . Biaya Visa untuk 1 paspor JD 10. Waktu yang kita butuhkan untuk ngantri antara 1/2 hingga 1 jam. Yah, terlalu lama ngantri urusan Visa sehingga koper dan barang bawaan dari Kuwait sudah diamankan petugas , setelah kita selesai ngurus Visa On Arrival, dan mengambil koper koper bawaan, kita mencari tempat Rent car . Rental mobil di bandara banyak. Yang cukup besar ada dua tempat. Europcar dan Avis Rent Car. Kita memutuskan untuk rental mobil di Hotel. Sehingga dari Bandara menuju Hotel Al Danah menggunakan taxi bandara, Cukup membayar ongkos taxi JD 21. Biasanya kalau tidak menggunakan uang pas, sopir taxi minta uang tip bagi wisatawan. Rata rata tip yang diberikan untuk sopir JD 5 sampai 10.

Nyampai di Hotel, Kita menggunakan rental mobil ‘Samsung’ lengkap dengan sopirnya hanya JD 90 – JD 120 per hari. Bebas kesasar karena sudah dengan sopir merangkap sebagai tour guide juga. Hari hari penuh dengan wisata.

Hari 1 : City Tour Amman
Hari 2 : Jerash, Madaba, Mount Nebo dan Dead Sea
Hari 3 : Karak dan Petra

Secara umum lebaran di Jordan sepi, nggak ada acara mudik atau halal bihalal seperti di Indonesia. Aktifitas penduduk berjalan normal seperti biasa dan banyak toko yang tutup, tempat wisata penuh oleh turis dari luar Jordan. (Susy /Foto: Dinda)

Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s