Bisa Survive Tidak Di Kuwait Dengan KOC Grade 14


Dari beberapa e-mail yang saya terima, kebanyakan adalah masalah keragu raguan apakah bisa nanti survive di Kuwait dengan keluarganya kalau di hire KOC dengan grade 14. Apalagi membaca blog saya tentang harga rambutan, kangkung, singkong dan bayam yang luar biasa mahal kalau disbanding dengan harga di Indonesia.

Bukan bermaksud saya mau menjebloskan anda agar bersedia bergabung dengan KOC, harga harga sayur dan buah buahan yang mahal diatas adalah khusus buah yang didatangkan dari Indonesia dengan cargo pesawat terbang. Kalau sayur dan buah buahan local atau didatangkan dari negara tetangga jelas relative sama dengan di Indonesia.

Selama ini KOC hanya menghire engineer berpengalaman mulai dari grade 14, 15 dan 16 saja. Kalau dikatakan offer yang diberikan KOC untuk grade 14 tidak memungkinkan untuk survive di Kuwait, saya rasa sangat tidak tepat, karena aktualnya saat ini jauh lebih banyak yang grade 14 daripada grade 16. Dan, sebagian dari mereka sudah naik pangkat ke grade 15 setelah bekerja setahun. Dan ada juga yang membawa keluarganya ke Kuwait. Kalau dikatakan tidak bisa survive di Kuwait kenyataannya mereka sudah naik Toyota Prado atau Nisan baru, mondar mandir ke Western Union ngirim duit ke Indonesia, sibuk cari info berangkat umroh, atau rame rame booking pesawat pulang ke Indonesia kalau ada hari libur agak panjang.

Ada juga yang salah mengartikan istilah ‘Contract Agreement’, seolah olah kita dikontrak cuma setahun saja setelah itu selesai. Kenyataannya, status kepegawaian kita adalah permanent employee, dalam employment agreement tertulis jelas kata kata ‘undefinite’ yang kira kira berarti kita bekerja tanpa batas kecuali kita melakukan pelanggaran ethic atau company policy. Memang benar ‘Undefinite’ Agreement ini ditanda tangani setelah kita melalui proses probation 3 bulan dan setahun.

Ada juga yang salah mengartikan yearly salary yang tertulis dalam kesepakatan yang telah ditanda tangani. Kebanyakan mengira yearly salary adalah murni yang akan diterima setiap bulannya setelah dibagi 12. Perlu diketahui, yearly salary yang anda tanda tangani tersebut adalah sama dengan base salary. Anda masih menerima benefit yang lain selain base salary yang tertulis dan anda tangani. Kira kira komposisi gaji bulanan adalah sbb :

  • Base Salary
  • Housing Allowance
  • Housing Allowance Grant
  • Transportation Allowance
  • Cost Of Living Allowance
  • Nature Allowance

Bukan itu saja, ada tambahan Travel allowance lain kalau ditempatkan di North Kuwait atau remote area. Namanya doang yang remote tetapi sebenarnya perjalanan tidak lebih dari dua jam. Belum lagi tambahan pendapatan dari penggantian tiket pesawat mudik yang kira kira sebesar 1.7 kali harga normal tiket pesawat pulang pergi ke Indonesia per tahun/kepala. Kalau anaknya banyak bisa langsung glegeken dan mungkin muntah muntah…… .
Umumnya yang ditempatkan di remote adalah yang bekerja sebagai facility dan process engineer. Drilling engineer, Safety jelas sekali dapat karena kerjanya on off dan sering ke lapangan.

Kalau melihat komposisi gaji seperti diatas dimana biaya hidup keluarga dapat subsidi berupa ‘cost of living allowance’ dan sewa apartment dapat subsidi ‘Housing Allowance dan Allowanc Grant’, kira kira bisa survive atau tidak ? Menurut saya bukan cuma apartment yang bisa disewa untuk keluarga tetapi rumah Kuwaitispun bisa juga disewa kalau mau. Tinggal membandingkan saja offer yang diberikan KOC lebih besar/kecil dari net income di Indonesia. Note : sampai saat ini penghasilan dari Kuwait tidak/belum dikenakan pajak baik oleh pemerintah Kuwait maupun Indonesia. Benefit lain saya kira sama dengan perusahaan manapun di Indonesia, misal medical untuk seluruh keluarga, pesangon kalau kita resign atau pensiun yang dihitung dari lama kerja.

Bulan pertama, kedua,ketiga dan keempat setelah bergabung boleh dikatakan hari hari bahagia karyawan baru KOC. Bagaimana tidak bahagia, kerja saja belum tetapi semua benefit ditumpahkan pada bulan bulan awal. Misal Furniture Grant, Yearly Bonus (sekitar bulan February)., Naik gaji (juga February). Bayangkan, kerja belum sudah kebagian bonus, apa nggak Glegeken …., Kalau India banyak yang pinter dan punya ilmu ular cobra, setelah menerima semua joining fee diatas langsung pindah kerja ke tempat lain. Meskipun proses clearance untuk keluar dari Kuwait agak rumit. (Ardi)

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s