Untuk Calon KOC 2008


Rekan rekan calon KOC angkatan 2008, hari ini Kamis 11 September 2008 jam 21:00 sampai jam 23:30 baru saja selesai dibicarakan rencana penyambutan kedatangan anda semua di Kuwait. Tahun ini adalah untuk yang kedua kalinya kita mempersiapkan acara penyambutan kedatangan calon anggota baru KOC dan semoga bisa menjadi tradisi dikemudian hari. Tujuan utama penyambutan ini hanya sekedar ‘say hello’ , penjelasan singkat agar anda semua siap dengan perubahan culture yang akan dihadapi, memperkenalkan anda dengan berbagai komunitas warga negara Indonesia yang telah ada di Kuwait dan suasana kerja dan sedikit tips pada saat anda mulai bekerja di KOC nanti. Tentu saja tidak lupa memperkenalkan negeri yang indah dan kaya raya ini juga


Pembicaraan cukup singkat dan padat, tidak cuma penyambutan calon KOC baru saja, tetapi juga membahas rencana dan strategi mengikut sertakan anda semua dalam acara buka bersama dan halal bihalal di KBRI atau komunitas Indonesia lain. Maklum jumlah kendaraan masih terbatas sehingga harus diatur siapa nanti yang dapat giliran menjemput anda semua di guest house. Secara garis besar pembicaraan kami adalah sebagai berikut :

  • Setelah proses immigrasi selesai di bandara, anda akan dijemput oleh staff KOC untuk dibawa ke guest house. Dan dibandara anda juga akan disambut oleh beberapa kawan KOC angkatan 2006 atau 2007. Briefing singkat dan kenalan kurang lebih 5 sampai 10 menit sbelum anda berangkat ke guest house.
  • Malam hari, anda akan dikunjungi oleh beberapa rekan KOC untuk sekedar briefing dan pengenalan Kuwait atau diajak sholat tharwih bersama. Acara buka bersama juga telah disiapkan di rumah beberapa rekan yang secara sukarela bersedia ketempatan untuk acara ini.
  • Untuk hari libur Jumat dan Sabtu dan apabila udara tidak terlalu panas, kemungkinan anda akan diajak untuk city tour ke Pasar Jumat atau tempat lain, pokoknya numpang siapa saja yang punya mobil.
  • Karena semua birokrasi disini memerlukan dokumen asli, maka jangan lupa untuk membawa ijasah, surat nikah, akta lahir asli.
  • Begitu tiba di Kuwait, segera membeli nomor HP Prabayar. Ada dua operator telpon selular di Kuwait yaitu MTC dan Wataniya. Disarankan untuk sementara membeli yang Wataniya saja dulu karena prosesnya cukup dengan photocopy pasport saja. Kalau MTC harus memakai civil ID dan anda belum memilikinya.
  • Beberapa rekan KOC sudah menyiapkan beberapa nomor HP Prabayar untuk dipinjamkan sementara agar komunikasi anda dengan keluarga di Indonesia tidak terputus. HPnya silahkan bawa sendiri dari Indonesia.
  • Nggak usah ribet bawa rice cooker, pecah belah, sendok garpu atau yang lainnya, sampaikan saja kalau anda memerlukan barangkali ada yang bisa meminjamkan sementara waktu sebelum anda membeli sndiri.
  • Karena saat ini bulan puasa, tentu buka dan sahur akan menjadi masalah tersendiri karena guest house KOC cukup jauh dari rumah makan. Ada beberapa alternatif yang bisa anda pilih. Tanyakan….., Restaurant terdekat dari guest house Hubara saat ini tutup dan pindah ke Unity Center. Cukup jauh tetapi kalau mau jalan kaki ke Unity Center untuk sahur bisa saja kalau mau. Restaurant lain terdekat adalah Mughal, anda bisa bawa menunya ke guest house dan order cukup lewat telpon 24 jam. Buka puasa di Masjid bareng para Dhuafa juga boleh, gratis di semua masjid disekitar guest house. Anda harus mencoba biar punya pengalaman :).
  • Meskipun anda akan menerima sekitar KD 225 dari KOC pada hari kedua kedatangan anda, diharapkan anda juga membawa minimum KD 200 dari Indonesia. Perinciannya kira kira sbb :
    KD 225 yang anda terima akan habis hanya untuk biaya administratif pengurusan residency permit, test kesehatan, beli perlengkapan awal survive di Kuwait seperti kasur, pecah belah, ember, sabun cuci dan lain lain.
    KD 100 akan digunakan untuk sewa apartment (sharing 1 apartment berdua atau lebih).
    KD 100 lagi untuk biaya hidup selama anda belum terima gajian.
    Sampaikan saja ke rekan rekan yang sudah lama di Kuwait seandainya anda perlu bantuan darurat.
  • Tempat penukaran KD di Indonesia bisa dilakukan di Ayumas Money Changer Kwitang, atau money changer besar di Cikini, misal VIP. Jangan kaget melihat nilai tukarnya yang besar. 1 KD sekitar Rp 34.000 sampai Rp 35.000. Baca Juga Mata Uang Dan Nilai Tukar
  • Karena sebentar lagi musim dingin, usahakan membawa baju dan pakaian tebal dari Indonesia

Kontak e-mail pada bagian bawah halaman blog ini kalau ada pertanyaan. ( Susy/ Ard )
Baca Juga :

Advertisements

One response to “Untuk Calon KOC 2008

  1. dengan hormat,
    assalammualaikum,wr,wb untuk rekan2 indonesia yang berada di kuwait,saya butuh informasi mengenai info lowongan kerja di kuwait,saya tertarik sekali dengan cerita2 pengalamn kerja di kuwait,harapan saya jika ada informasi loker di kuwait or trik&tips agar bisa mendapatkan pekerjaan dikuwait,bidang perkerjaan yang saya cari yang berhubungan dengan pertambangan (electrical,autoelectrical,mechanical)sesuai dengan pengalam kerja saya.terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s