Sayur Mayur, Biar Mahal Tetap Saja Nikmat


Sekarang saya mau bercerita mengenai sayur mayur yang selalu dengan mudahnya kita dapatkan kalau tinggal di Indonesia dengan harga sekitar Rp. 1.000,- . Bagaimana kalau di Kuwait? Pertanyaan itulah yang selalu timbul saat mau berangkat ke maupun setelah berada di Kuwait. Kita, bangsa Indonesia terbiasa makan dengan banyak sayur dan buah. Memang serba mumet untuk cari sayur mayur seperti di Indonesia susah susah gampang. Sayur yang dijual di bakala atau supermarket terasa asing karena lebih mirip  rumput atau krokot daripada sayuran. Dan ada yang daunnya agak berbulu, entah sayur apa namanya. Sayur yang banyak terdapat disini adalah kol,brokoli,mentimun, dan sayuran aneh yang agak berbulu diatas. Sedangkan buah buahan cukup berlimpah dan banyak didatangkan dari Lebanon dan Syria seperti apel, apricot, peer, anggur dan buah lain yang tidak ada di Indonesia.

Untuk kangkung, kacang panjang, buncis biasanya gampang didapat di toko toko yang menjual sayur mayur. Dengan harga berkisar antara 1/4 hingga 1/2 KD berarti sama dengan Rp. 8.750 hingga Rp. 17.000,-. Tetapi kalau nasib pas enggak bagus ya tidak dapat sayur apapun. Yang paling banyak di jual disemua bakala di Kuwait adalah sayurdan buah buahan dari Mesir, Lebanon dan India. Terkadang masih lengkap dengan sticker cargo udara yang membawanya, pantas mahal lha bawanya saja naik pesawat.  Kalau hanya cabe hijau gampang didapat sedangkan cabe merah besar kadang ada, kadang tidak. Untuk bayam saya selalu membeli yang serba Frozen. Karena untuk bayam jarang kita dapatkan yang segar.

Kalau Singkong, di Indonesia sangat murah sekali tetapi di Kuwait singkong dijual dalam kemasan plastik, frozen. Ada juga yang segar, tetapi di jual di toko tertentu, misal Ambasador, tetapi letaknya jauhnya minta ampun dengan apartment kita tinggal. Kalau hanya mencari singkong beku cukup di bakala dekat apartment saja. Jadi kalau pingin makan kolak singkong di Kuwait bisa buat sendiri dan suasana tinggal di kampung halaman masih bisa terjaga. Semua memang mahal dibandingkan dengan harga di Indonesia, tapi jangan salah rasanya lebih nikmat kalau makan di Kuwait. Pernah sorang kawan  Arab datang kerumah, dan seperti biasa saya suguhkan gado gado dan pecel plus buah mangga dan rambutan. Apa komentarnya, wah kamu kaya sekali setiap hari selalu makan sayur dan buah mahal, padahal saya bawa mangga dan rambutan dari Indonesia. Tahu nggak, harga rambutan 3 biji KD 1, atau sekitar Rp 10.000 per biji di Sultan Center, itupun kalau ada. Diterbangkan langsung dari Indonesia !!! , bangga kan buah buahan Indonesia jadi barang mewah disini.(Susy/Foto:Ard)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s