Pulang ke Indonesia


Rasanya baru kemarin sore masih makan tahu campur lamongan di warung jl. Saharjo Tebet Jakarta. Ee.. sekarang sudah sampai lagi ke negari gurun pasir Kuwait. Tanpa disadari kedua anak saya telah masuk sekolah kembali setelah hampir dua bulan lebih kita menghabiskan liburan Summer 2008 di Jakarta. Kami berangkat ke Jakarta tanggal 1 Juli diantar Mas Ardi, dan balik ke Kuwait akhir Agustus hanya bertiga saja, saya, Ayu dan Dinda.

Nah, disinilah serunya pulang bertiga. Barang bawaan super duper banyaknya. Biasa perempuan prentelan prentelannya yang banyak. Untuk Bagasi yang diperbolehkan SQ sekarang hanya 25 kg/orang. Pemberitahuan itu diberlakukan mulai tanggal 22 Agustus 08. ”Memang biasanya 30 kg/ orang”, kata petugas di bandara Soekarno Hatta Jakarta. Untungnya ternyata kelebihan bagasinya masih bisa ditoleransi oleh SQ. Jadinya Aman nggak perlu mbayar tambahan bagasi.

Saya akan berbagi pengalaman pulang ke Jakarta. Pesawat yang kami pergunakan adalah SQ (Singapore Airline), baik untuk penerbangan dari Kuwait ke Jakarta maupun dari Jakarta ke Kuwait. Semua rute dan transit yang mengatur dari pihak SQ di Kuwait yang berkantor di Al Rayes Services Dawliah Commercial Complex Safat. Saya sempat berpikir, karena penerbangan di Kuwait tidak ada SQ yang ada hanya dari Dubai. Sekarang saya baru tahu ternyata SQ bekerja sama dengan Kuwait Airways untuk tujuan kemana saja. Dari Tiket penerbangan sampai bagasi semuanya diatur oleh SQ. Biarpun dari Kuwait ke Dubai menggunakan Kuwait Airways, semua bagasi ternyata aman dan kita tidak ribet urusan bagasi, semua sudah diurus pihak SQ.
Bagasi dan tiket yang jelas satu paket sampai ke Jakarta. Dari Kuwait ke Dubai kita pakai Kuwait Airways, dan Dari Dubai menuju Jakarta menggunakan SQ. Mau tidak mau harus transit dulu di Singapore, karena pesawat itu rumahnya di Singapore. Pasti semua tau fasilitas dan kondisi SQ memang serba Ok. Mulai kita naik Kuwait Airways menuju Dubai, dan pindah pesawat SQ di Dubai, transit lagi di Singapore dan menuju Jakarta bagasi sudah kita serahkan di Kuwait. Tidak perlu repot repot mencari barang kita untuk dipindahkan ke penerbangan selanjutnya. Barang langsung bertemu di Bandara International Soekarno Hatta Jakarta. Dan begitu pula untuk pulangnya ke Kuwait prosedurnya juga sama seperti berangkat. Untuk masalah harga tergantung kapan kita booking tiket. Kalau semakin lama ya pastilah murah. Kalau waktu mendesak sudah tidak ada lagi harga yang murah. (Susy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s