Pulang Mudik dan Piknik


Tiket pesawat pulang ke Indonesia cukup bervariasi (KD 120 – KD 275 pulang pergi) tergantung dari airline yang kita pilih, musim liburan atau tidak, transit di negara tertentu atau tidak dan ada special offer tidak dari airline. Kuwait Airways biasanya lebih mahal tetapi bisa langsung ke Jakarta tanpa harus transit dulu di negara tertentu. Etihad menjadi favorit para TKI karena lebih murah dibanding pesawat yang lain, tetapi transit dulu di Abu Dhabi. Emirate juga cukup kompetitif tetapi transit juga di Dubai. Mau lebih murah lagi kalau transitnya sampai dua kali yaitu ditambah transit di Sri Lanka. Pesawat lain ke Indonesia cukup banyak seperti Singapore Airline, Malaysia Airline, Qatar Airways,Vietnam Airline, Thai Airways dan lain lain, semuanya harus transit di negara asal dulu, sebelum pesawat terbang menuju Jakarta. Siap saja ‘kleleran’ di bandara kalau terlalu banyak transit. Seperti Mas Ardi, saat pesawat Singapore Airline yang kita gunakan menuju Jakarta transit di Dubai hanya 2 jam saja. Kita semua capek.

Untuk booking tiket sebaiknya dilakukan sendiri online disamping bisa memilih tiket yang paling murah juga bisa memilih sendiri tempat duduk yang kita inginkan. Ingat, sebaiknya booking dilakukan minimum satu bulan sebelum keberangkatan, disamping bisa mendapat harga murah juga bisa milih tempat duduk depan sendiri. Kalau pas peak session dianjurkan booking 3 bulan sebelum keberangkatan karena hampir seluruh penduduk Kuwait pergi keluar negeri. Dan jangan lupa booking juga return ticketnya juga jangan sampai bisa pulang tetapi nggak bisa balik lagi ke Kuwait.

Kalau tidak mau booking online bisa juga dilakukan di travel travel biro yang banyak tersebar dimana mana. Di Fahaheel banyak sekali travel biro tetapi hanya bisa booking untuk Etihad, Emirate dan Kuwait Airways saja. Pesawat yang lain tidak dilayani. Saya anjurkan untuk datang saja ke Dawliah Commercial Center di Safat – Kuwait City. Gedung ini terletak dibelakang kantor Kuwait Airways di Safat atau sekitar Al Muthana Mall (JW Marriot). Satu Mall hanya berisi kantor travel biro saja, anda bebas memilih pesawat apa saja dan juga paket tour kalau perlu. Masing masing Travel Biro memiliki special offer yang menarik kalau anda mau transit beberapa hari di negara asal pesawat. Kelebihan lain kalau booking pesawat disini adalah kemudahannya, anda tidak perlu memikirkan bagaimana cara menuju Dubai, Abu Dhabi atau tempat lain dimana pesawat nanti akan berangkat, semua sudah diuruskan. Pengalaman saya pada saat peak session yang lalu saya kesulitan mendapatkan pesawat dari Kuwait ke Dubai karena semua full book, tetapi begitu booking Singapore Airline ternyata saya dapat seat Kuwait Airways dan transit di Dubai beberapa saat saja sebelum terbang dengan Singapore Airlines. Hotel juga bisa dibooking dari Dawliah Commercial Center ini, pokoknya ratusan travel biro tumplek bleg di gedung ini.

Link Dibawah Ini sangat bermanfaat bagi para TKI Kuwait, baik yang mau mudik ke Indonesia maupun yang mau piknik ke negara sekitar, saya anjurkan untuk membandingkan dulu harga tiket melalui Cheap Ticket Canada, setelah itu baru booking langsung ke airline pilihan anda dibawah atau datang langsung ke Dawliah Commercial Center di Safat:

  • Kuwait Airways (Langsung, transit Kuala Lumpur sebentar tanpa turun dari pesawat)
  • Etihad Airways (Transit di Abu Dhabi)
  • Emirate Airways (Transit di Dubai)
  • Singapore Airways (Transit Dubai, Kuwait – Dubai diengan Kuwait Airways, Perwakilan di Dawliah Commercial Center)
  • Malaysia Airline (Transit Kuala Lumpur)
  • Qatar Airways (Transit di Doha)
  • Thai Airways (Transit di Bangkok, Perwakilan di Dawliah Commercial Center)
  • Vietnam Airways (Office dipojokan dekat Ambassador Supermarket atau kira kira 0.5 Km dari Dawliah Commercial Center, kurang begitu jelas berangkat dari Dubai, Abu Dhabi atau Umm Al Quwain, websitenya tidak ada route ke Middle East tapi punya kantor di Kuwait)
  • Royal Brunei Airlines (Kuwait-Dubai dengan Kuwait Airways, Transit di Brunei Darussalam, Perwakilan di Dawliah Commercial Center)

Kalau mau piknik ke negara sekitar Kuwait dibawah ini adalah link cheap airline yang menurut saya cukup baik dan rasanya lebih baik dari cheap airline yang terbang di Indonesia. Sayang juga kalau sudah nyampai di Kuwait tetapi tidak pernah piknik ke negara sekitarnya.

Saya dengar, TKI yang bekerja di sektor pemerintahan atau sektor tertentu harus memiliki exit permit sebelum meninggalkan Kuwait, tetapi saya rasa ini hanyalah formalitas saja karena staff KOC tidak memerlukan exit permit ini (By Susy).

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s