Prosedur Driving Liscense


Aturannya sebenarnya bisa untuk mengendarai mobil di Kuwait menggunakan International Driving License kalau visa kita adalah Visit Visa atau Business Visa, sedangkan pemegang Visa Kerja harus memiliki Local Driving Liscense untuk mengemudikan mobil di Kuwait. Celakanya, tempat tempat rental mobil di Kuwait tidak tahu International Driving Liscence dan tidak akan merentalkan mobilnya apabila tidak bisa menunjukkan Civil ID dan Local Driving Liscense. Jadi buat apa susah susah ngurus International Driving Liscense kalau nggak bisa dipakai untuk rental kendaraan ?

Tetapi kalau anda pemegang Visa Kerja sebenarnya bisa mendaftar ke polisi untuk mendapat Temporary Driving Liscense sampai prosedur residency selesai dan anda memiliki Civil ID resmi. Tetapi saya yakin prosesnya memusingkan kalau kita harus ngurus sendiri.

Untuk memperoleh driving liscense cara KOC sederhana saja :

  • Proses Istimara dulu di KOC Passport Office.
    Biaya KD 42 dan dokumen yang diperlukan adalah :
    – Terjemahan Arabic ijasah sarjana dari KBRI dan disahkan Foreign Affair Kuwait
    – Pas photo 4x 6 latar belakang biru 2 lembar
    – Photo copy pasport halaman depan dan halaman yang ada sticker visa
    – Photo copy Civil ID
    – Blood certificate dari KOC Hospital Hanya dalam waktu satu
    dua hari saja anda sudah dipanggil KOC Passport Office untuk test mata di kantor polisi. Apabila hasil test mata sudah diberikan kembali ke Passport Office maka hanya dalam waktu kurang dari seminggu istimara sudah selesai. 
  • Gunakan Wasta untuk proses Driving Liscense.
    Tanpa wasta jangan harap anda bisa lulus test mengemudi, sudah banyak yang jadi korban tidak lulus test sampai delapan kali tanpa tahu apa penyebabnya. Dengan memakai Wasta, anda akan diajari cara mengemudi di Kuwait, aturan jalan raya, dan parkir kendaraan. Dan sudah tentu dapat bocoran soal ujian tulis dan cara agar lulus ujian praktek. Wasta yang sudah terbukti mumpuni dan banyak dipakai rekan rekan Indonesia dan Malaysia adalah Ratna (+965 9479647), jangan membayangkan si Ratna ini cantik, lembut dan sedikit genit seperti Ratna yang di Indonesia, yang di Kuwait ini asli laki laki orang Srilanka, nama aslinya Rajaratnam. Wasta sebenarnya adalah bossnya si Ratna ini, Kuwaiti tetapi untuk mudahnya sebut saja wastanya Ratna gitu loh. Dia bertanggung jawab untuk njemput anda dirumah, latihan mengemudi jalan raya, latihan parkir dan memberi petunjuk saat proses test sampai pengambilan driving liscense. Selalu tanyakan ke Ratna tempat tempat untuk penyerahan dokumen, test tulis dan praktek, pengambilan dokumen hasil test dan pengambilan driving liscense. Di kantor polisi Ahmadi tidak ada loket dan ruang tunggu yang benar benar ruang tunggu. Semua ngantri didepan jendela diluar gedung. Petugas akan membuka jendela dan teriak memanggil nama anda setelah itu menutup jendela kembali. Bawa air kalau pas musim panas agar tidak dehidrasi, bawa masker kalau pas banyak debu dan jaket kalau musim dingin.

    Note : Hati hati pada saat pertama kali mengemudi di Kuwait, kita sudah terbiasa dengan setir kanan dan pada saat mengemudi dengan setir kiri, seringkali terkejut kalau ada mobil menyalip dari sebelah kiri. Pengalaman saya perlu satu bulan untuk membiasakan setir kiri. Disamping itu highway di Kuwait sering terjadi kecelakaan karena ngebut atau pindah jalur dengan cara memotong didepan mobil kita.

Biaya Wasta perinciannya adalah sbb :
Untuk wasta : KD 120 + KD 15 untuk rental mobil dan driving training selama 3 jam + KD 20 untuk meterai.
Dihitung dengan biaya istimara yang KD 42 maka total sekitar KD 200 atau Rp 7 Juta hanya untuk mendapatkan driving liscense di Kuwait. Biaya bisa bervariasi atau berbeda sedikit antara orang per orang, kira kira segitulah totalnya. (by:Ardi)

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s