Prosedur KTP (Civil ID)


Prosedur untuk mendapatkan Civil ID dilakukan setelah anda mendapat residency permit (ditempel di passport). Kalau anda karyawan KOC, prosedurnya sederhana sekali yaitu datang saja ke KOC Passport Office, serahkan dokumen dokumen yang diperlukan, bayar KD …, dan selesai. Tetapi kalau bukan karyawan KOC, ikuti saja link Civil ID Survival Guide 1-3 dari Keluarga Pinot dibawah, jelas memang tetapi kalau anda pusing nggak ditanggung dan wajar wajar saja di Kuwait kalau bingung banyak temannya.

Sebelum mengurus Civil ID, pihak passport office akan menguruskan Residency Visa dulu. Dan anda akan diantar oleh staff passport office untuk pengambilan sidik jari dan ke state medical. Jangan kuatir, ‘wasta’ yang mengantar anda bisa mem’bypass’ antrian yang sangat panjang. Dengarkan saja ‘merdunya’ orang orang dari negara lain pada saat ngedumel karena anda bisa masuk duluan meskipun antrian panjang sekali.

Pembuatan civil ID pertama kali ‘teorinya’ sangat mudah dan bisa dilakukan Online, tetapi prakteknya wallahualam bii zawab, pertanyaan sangat sssyulit dijawab. Untuk Renewal prosesnya lebih sederhana dan tampaknya patut dicoba juga terutama kalau alamat nggak berubah.

Melalui website PACI tersebut kita bisa memonitor status civil ID kita sudah selesai atau belum dan kalau sudah selesai bisa diambil di mesin nomor berapa. Untuk pengambilan civil id kita harus melakukan sendiri, passport office sebenarnya juga bisa diminta bantuan untuk pengambilan tetapi butuh waktu beberapa hari dan terlalu lama keburu kita ditangkap polisi bermobil hitam putih yang biasa melakukan razia civil id.

Catatan : Photo diatas adalah suasana bagian dalam kantor PACI, perjuangan pengambilan photo luar biasa berat karena tertangkap petugas keamanan, dari beberapa kali jeprat jepret, hanya dua photo saja yang tersisa lainnya didelete satpam. Untungnya HP berkamera saya dikembalikan. (by: Susy/Ardi)

Dokumen yang harus anda siapkan adalah :

  1. Pasport asli dan diphotocopy halaman depan dan yang ada visa
  2. Yang lain liat….dibawah aja. Catatannya sudah lupa.
Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s