Keamanan


Kejadian kriminal sangat jarang, bahkan koran lokalpun hanya memberi beberapa kolom saja untuk berita kriminal, itupun lebih banyak berisi berita maid asian bunuh diri atau kriminal kecil yang dibesar besarkan wartawan agar koran laku. Berita kecelakaan kendaraan lebih mendominasi halaman daripada berita kriminal.

Minuman keras tidak ada di Kuwait sehingga angka kriminal bisa rendah sekali. Yang sering dijumpai adalah rombongan anak nakal yang naik dan turun bus kota, nggak mau bayar dan bikin gaduh dibagian belakang dan kadang sengaja bikin masalah dengan penumpang. Lebih baik hindari saja bermasalah dengan anak anak tersebut, yang sering terjadi begitu ada masalah bapaknya ikut campur dan lapor ke polisi dengan ‘memelintir’ laporan seolah olah anaknya paling benar.

Meskipun tidak dijumpai minuman keras, minuman minuman ringan yang dijual di bakala mempunyai botol yang bagus dan bahkan mirip botol minuman keras. Isinya tetap saja non alkohol dan anehnya ada saja anak anak remaja yang bergaya sempoyongan pura pura mabuk dengan membawa botol minuman non alkohol. Hati hati kalau berjalan memakai sandal, banyak sekali pecahan botol yang dibuang sembarangan dan bisa melukai kaki anda terutama malam hari.

Polisi ada dua macam yang sering patroli dan terlihat jelas perbedaannya dari mobil yang dikendarai. Mobil berwarna putih biru berarti polisi lalu lintas dan mobil hitam putih bertugas untuk ngecheck civil id, passport maupun visa untuk mencari immigrant gelap. Semua polisi adalah Kuwaiti dan konon bergaji besar sehingga kebal sogokan.

Adanya perang di Irak menyebabkan Kuwait dijadikan sebagai basis tentara Inggris dan Amerika untuk menyerang Irak. Sering dijumpai manuver tank tank dan panser berbendera Amerika yang mondar mandir dari dan menuju Irak. Lain di CNN lain pula di Kuwait, kalau di CNN tentara tersebut kayaknya jagoan jagoan, tetapi kalau di Kuwait selalu ngacir dan ngebut membawa tank dan pansernya dari perbatasan, pernah saya jumpai bawa jenasah pakai truk lewat Ahmadi.

Tentara tentara tersebut tersebar dimana mana dan menyatu dengan expatriate lain dalam apartment yang umumnya dijaga dan memiliki pengamanan yang lebih baik. Mungkin sengaja dipisah dalam beberapa apartment supaya kalau dibom nggak habis semua. Jadi secara umum Kuwaiti sangat aman dan jauh lebih aman dari di Indonesia. Darat, laut dan udaranya dijaga dan diawasi tentara Amerika, ya jelas aman. (by:ardi)

Note : Sengaja tidak diberi photo, memphoto manuver tentara Amerika bisa di’dor’

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s