KOC Passport Office


Namanya KOC Passport Office, terletak ditengah tengah komplek perumahan KOC di Ahmadi dengan bangunan berwarna biru yang cukup apik dan tempat parkir mobil yang cukup luas. Sesuai dengan namanya, kantor ini membantu karyawan KOC terutama yang baru datang dan belum ngerti njlimetnya birokrasi Kuwait. Karyawan baru yang biasanya datang dengan semangat kerja berapi api, dikantor inilah sebenarnya ujian pertama dan transisi dalam berurusan dengan birokrat Kuwait. Secara pelan tetapi pasti, semua urusan ‘dibantu’ oleh staff Passport Office ini. Anda akan ditunjukkan kemana saja anda harus pergi mengurus sesuatu, terkadang harus bingung karena harus mondar mandir kesana kemari baik ke departemen didalam KOC sendiri maupun ke kantor pemerintahan. Tetapi cukup puaslah kita dengan service yang diberikan, tanpa melalui pasport office ini kemungkinan kebingungan kita bisa membuat putus asa dan akhirnya minta pulang ke Indonesia saja.

Jasa jasa yang diberikan oleh Passport Office diantaranya adalah :

  • Membantu dan mengantar proses pemeriksaan kesehatan di State Hospital
  • Membantu dan mengantar proses pengambilan sidik jari ke police office
  • Membantu memproses Civil ID ke PACI
  • Membantu pengurusan Istimara untuk mendapat driving liscense
  • Membantu pengurusan family visa ke immigration office
  • Membantu menterjemahkan ijasah ke KBRI dan Forreign Affairs
  • Dan lain lain

Enak kan, hampir 50 % sendiri diuruskan semua. Sebagai pendatang baru yang nggak ngerti ‘lor-kidul’, kantor ini sebagai tempat tujuan utama untuk belajar tentang Kuwait. Dikantor ini juga merupakan kantor pemasaran Kuwait Airways, jadi sangat bermanfaat sekali untuk booking pesawat kalau mau mudik ke Indonesia dan sangat memudahkan sekali untuk mengatur kedatangan keluarga, maksudnya ditempat inilah kita mengambil tiket pesawat jatah keluarga pada saat ‘first time family joining to Kuwait’. (by:Ardi/Susy)

Catatan :
Di Passport Office ini semua dokumen asli diminta, misal ijasah, passport, visa, surat nikah dan akta lahir untuk ditunjukkan ke kantor pemerintah. Jangan sampai tertinggal di Indonesia dokumen dokumen tersebut anda akan dapat masalah dalam pengurusan apapun di Kuwait kalau nggak bisa menunjukkan dokumen asli. Dan mintalah receipt kalau anda menyerahkan dokumen asli, terkadang mereka malas membuatkan receipt termasuk kwitansi atas uang yang telah kita bayarkan karena semua proses yang dilakukan berazas ‘kepercayaan’. Mereka akan nunjuk nunjuk ke ‘atas’ kalau diminta receipt, maksudnya masak nggak percaya ‘Yang Diatas’ menyaksikan. Nah lo …kalau udah nunjuk ke ‘atas’ mau gimana lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s