Shopping di Kuwait


Belanja kebutuhan sehari hari di Kuwait bisa dilakukan di Bakala (semacam warung kelontong) sampai supermarket mewah seperti Gulf Mart, Lulu Market, Sultan Center dan Careffour. Dibanding dengan supermarket mewah, Bakala tetap saja menarik untuk dikunjungi terutama untuk kebutuhan mendadak dan isinyapun sangat lengkap tidak cuma sembako tetapi ada juga peralatan listrik seperti kabel, lampu dan elektronik ringan. Bakala ada dimana mana dan melayani pengantaran sampai rumah kalau belanja dalam jumlah banyak atau besar. Gratis.

Sultan Centres Wholesales terletak di Mangaf Fahaheel, Salwa, Shuwaikh, Salmiya, Farwaniya, Ahmedi dan yang terbesar dan terbaru ada di Sharq. Sangat ramai sekali dan terkadang malah memuakkan harus ngantri terlalu lama seandainya hanya membeli beberapa barang saja.
Kwalitas barang yang didagangkan di supermarket rata rata cukup tinggi dan sangat ‘western’ sekali dan diimport dari segala penjuru dunia, beberapa diantaranya adalah Pttza, Burger, smoked beef dan lain lain. Buah buahan banyak didatangkan dari Syria, buah buahan tropis khas Indonesia sangat mahal sekali tetapi kalau dalam kaleng akan lebih murah. Contoh buah mahal adalah rambutan – 3 butir bisa mencapai KD 1.5, Mangga – minta ampun mahalnya nggak ketulungan.

Sama halnya dengan Indonesia, satuan ukuran timbangan dalam satuan metric seperti Kg dan ons.

Pasar (Souk) daging, ikan dan buah umumnya jadi satu dalam satu gedung mewah dan tertata rapi bersih dan jauh dari bau anyir. Ada hall utama untuk mengadakan lelang biasanya lelang dilakukan pagi hari antara jam 07:00 sampai jam 08:00 dengan suasana yang hingar bingar. Al Qouds Fahaheel adalah salah satu contoh pasar tradisional tersebut, Shuwaikh dan Arabian Gulf Road diseberang Amiri Hospital atau disamping Souk Sharq juga ada. Udang besar, ikan besar dan cumi segar adalah hasil tangkapan nelayan yang umum diperdagangkan di souk tersebut dan penjual dengan senang hati akan membersihkan isi perut ikan ikan tersebut kalau anda minta.

Toko toko besar yang menjual elektronik seperti Al Ghanim, atau toko lain di mall yang menjual sepatu olah raga, pakaian, jam tangan dan tas bermerk terkenal sering menjual dengan discount besar besaran sampai 75 % terutama pada saat pergantian musim dingin ke musim panas atau sebaliknya. Bagi yang senang tawar menawar banyak tempat yang menjual dengan harga murah karena tanpa pajak, sebagai contoh adalah pusat penjualan elektronik dan komputer di Hawally. Souq furniture terbesar ada di Farwaniya, dekat terminal cargo Kuwait International Airport. Disini anda bisa mendapatkan barang barang besar dari luar seperti sofa, Tempat Tidur, Lemari Pakaian baik yang harga murah sampai super mahal. Toko yang terkenal di daerah ini adalah Midas, Galleria, Al Ghanim Furniture umumnya menjual furniture America seperti LaZ Boy, Sauder Furniture dan lain lain. Souq traditional seperti Mubarokeeyah banyak menjual aneka kerajinan dari negara GCC dan barang murah lainnya. Asal pandai menawar saja anda akan dapat barang dengan harga miring dan kualitas bagus.

Toko modern seperti IKEA, A to Z, True Value, Kuwait Home Depot, Ace Hardware, Sears juga telah ada di Kuwait dan umumnya terletak di Kuwait City disekitar daerah Al Rai.
“Souq Sharq”, mungkin dulunya pasar tradisional, tetapi sekarang sudah berubah menjadi gedung megah ditepi pantai dengan toko toko besar seperti Debenhams, Seif’s Palace, Sultan Center. Yang suka investasi perhiasan emas, Kuwait adalah tempat yang tepat untuk mborong emas emasan. Katanya sih murah, tapi saya lebih suka perhiasan plastik warna warni, disamping ngirit bisa mencegah dijahatin orang kalau pakai perhiasan plastik. (by: Susy)

Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s