Kedatangan Di Kuwait


Begitu pesawat Kuwait Airways yang membawa anda ke Kuwait dari Indonesia menjejakkan tanah di Kuwait International Airport, ucapkan selamat tinggal Indonesia dan Selamat Datang Ke Kuwait, artinya mulai saat itulah anda harus menyesuaikan diri dengan Kuwait, baik terhadap iklim, makanan, adat istiadat dan BIROKRASI. Sengaja saya tulis dalam huruf besar agar anda tidak terkejut dengan urusan birokrasi ini yang terkadang membuat kita tersenyum sendiri. Nikmati saja, seberapa parahnya urusan administrative ini tetap saja bisa mengukir kenangan dalam sejarah hidup dan pengalaman kita.

Hari Pertama :
Begitu selesai proses immigrasi, di bandara International Kuwait anda telah ditunggu oleh staff KOC yang telah siap membawa anda ke Guest House di KOC Ahmadi. Hari pertama anda bisa istirahat dan tidur sepuasnya. Makan pagi telah disediakan berupa sandwich, tetapi untuk makan siang dan malam, anda harus cari sendiri. Satu satunya restaurant terdekat adalah Hubara Center, sekitar 100 meter dari Guest House. Selamat menikmati makan malam anda.

Hari Kedua/Ketiga :
Staff KOC akan menjemput anda di guest house sekitar jam 08:00 AM untuk acara tanda tangan kontrak di HR dan test kesehatan, baik di KOC Hospital maupun State Hospital. Siapkan saja lengan anda karena dalam satu hari anda akan diambil darah beberapa kali. Cara ambil darahnya khas Arab dan kadang kadang bisa membuat lengan kita berwarna biru lebam beberapa hari.

Di State Hospital, saya anjurkan anda untuk ikut antrian yang paling panjang, kenapa ? karena petugas yang ngambil darah sangat cantik, putih, mulus dengan buah dada yang luar biasa besar. Sayangnya dia ‘bencong’. Kalau anda ‘brewokan’ pasti akan lama sekali pengambilan darahnya.
Ingat, ijasah, passport dan visa masuk Kuwait jangan sampai ada yang ketlingsut atau tertinggal didalam kamar. Semua proses disini harus menunjukkan yang ‘ASLI’. Jangan segan segan membuat photocopy semua dokumen yang anda terima di HR maupun hospital, kelak dokumen dokumen ini ketahuan gunanya.
Dokumen penting yang anda terima diantaranya adalah sbb :

  • Contract Document
  • Engagement Document
  • Dan dokumen lain

Sore hari, sekitar jam 16:00 anda akan dijemput kembali oleh staff KOC dengan tujuan City Tour. Manfaatkan benar benar kesempatan ini untuk tujuan belanja kebutuhan sehari hari, mencari apartment, atau sekedar sight seeing. Ingat jangan minta yang aneh aneh, misal kerumah saudara atau permintaan pribadi lainnya, mereka bukan ‘driver’ yang nuruti kemauan anda.
Pada hari kedua/ketiga ini juga anda akan menerima cash KD 300 di HR, jangan digunakan untuk foya foya, uang tersebut hanya pas untuk membayar biaya administrasi dan kebutuhan makan sehari hari. Untuk sewa apartment pertama kali mau nggak mau harus mengeluarkan uang pribadi dulu.

Hari Keempat :
Anda akan diantar oleh staff KOC ke department anda. Biasanya computer, ruangan dan network user ID dan software installation akan disediakan dalam waktu sekitar 2 sampai 4 hari, tetapi ada juga yang 6 bulan masih kluntang klantung nggak punya ruangan dan computer. Nikmati saja, kerja atau nggak kerja toh anda tetap dibayar penuh. Setelah diperkenalkan ke beberapa staff di team anda, masih ada banyak sekali cobaan atau tantangan yang menunggu anda. Kali ini tidak ada staff KOC yang mendampingi anda lagi, selamat berpusing ria. (by: Ardi )

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s