Tips Interview KOC


1. Pada saat wawancara, biasanya waktunya sekitar 10 menit saja, kalau sampeyan diam saja maka anda benar benar di’wawancara’ dan kalau nggak bisa njawab langsung gugur. Usahakan waktu yang pendek tersebut anda gunakan untuk mewawancarai juga sebelum dia mewawancarai anda. Seandainya anda bisa mewawancarai 5 menit saja, berarti waktu dia untuk mewawancarai anda hanya tinggal 5 menit. Jadi, kalau anda cuma diwawancarai 5 menit saja, paling banter cuma ditanya latar belakang pengalaman saja, nggak sampai ditanya tehnis apalagi rumus matematika. Iya kan ?

2. Biasanya pada saat interview nanti langsung dapat Offer kalau lulus. Jangan menggantung keputusan, orang Kuwait ngertinya hanya ‘Ya’ atau ‘Tidak’. Negosiasi wajib dilakukan, tetapi anda harus punya bukti tertulis bahwa income anda terakhir adalah Rp …. Atau equivalent dengan US$ …. Atau KD ….. Kalau nggak ada bukti tertulis, orang Kuwait nggak akan percaya, tetapi kalau anda bawa bukti maka dia akan terdiam. Ini berlaku kalau anda sudah di Kuwait juga.

3. Jangan kecil hati kalau seandainya offer yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan anda. Nego dengan tenang dengan alasan yang bisa diterima. Tunjukkan ‘salary notification’ anda bukan slip gaji anda. Kalau slip gaji biasanya ada potongan potongan dan pajak dan offer yang diberikan sangat tergantung dari dokumen yang anda berikan. Kalau ‘salary notification’ umumnya hanya mencantumkan gaji dan benefit yang anda terima selama setahun dari perusahaan anda, tidak ada potongan apapun. Perlu diketahui, di KOC banyak sekali uang yang tiba tiba muncul dalam jumlah yang tidak terduga dan tidak tercantum dalam kontrak. Misal : Bonus tahunan 3 kali gaji. Offer yang ditawarkan kepada anda adalah penghasilan anda dan tidak dikenakan pajak. Komponen Gaji yang akan anda terima pada bulan pertama nanti adalah sbb :

  • Basic Salary
  • Cost Of Living Allowance (COLA)
  • Housing Allowance
  • 50 % Furniture Grant (semacam joining fee seperti di Aramco), yang 50 % setelah keluarga datang
  • Housing Allowance Grant
  • Transportation Allowance
  • Nature Allowance (tidak tertulis dalam agreement)

Lumayan, kalau kita dari Indonesia pindah ke Kuwait sangat terasa lonjakan kenaikannya terutama Furniture Grant bisa bikin ‘glegeken’.

4. Jangan tergesa gesa pamit dengan tetangga, mertua atau kantor setelah anda menanda tangani offer agreementnya, apalagi slametan atau kenduri, dan jangan sampai mikir mikir terlalu lama apalagi minta waktu untuk membicarakan dengan orang tua, ayah, ibu atau ninik mamak untuk tanda tangan offer agreement ini, biasanya anda Cuma diberi waktu 15 menit saja sebelum tanda tangan. Agreement ini bukan employment contract, jadi meskipun sudah tanda tangan belum tentu anda dipanggil untuk berangkat ke KOC. Employment Contract baru di tandatangani di Kuwait.

5. Employment contract untuk pertama kali memang 1 tahun saja, jangan ragu ragu ini hanya formalitas dan peraturan pemerintah saja. Setelah itu bisa long term. Masa pensiun disini sampai umur 65. Jadi yang sudah sepuh tapi masih energik sangat cocok disini karena bisa berkarya 10 tahun lagi (daripada nungguin cucu dirumah).

6. Jangan gegabah langsung resign dari perusahaan lama anda meskipun agent sudah meminta anda untuk resign. Pastikan Visa dan Ticket sudah ditangan baru resign. Awas ….., masa berlaku Visa sangat pendek sekali, atur ticket keberangkatan anda kira kira anda berangkat sudah punya waktu untuk pamit dengan perusahaan lama anda baik baik (biasanya sebulan). Disarankan anda berangkat dua minggu sebelum Visa habis. JANGAN SEKALI SEKALI MINTA EXTEND MASA BERLAKU VISA, pasti KOC ngambek nggak mau ngurusi visa anda karena proses administrative di Kuwait sangat mbulet dan makan waktu dan biaya. Silahkan menghubungi agent Kuwait Airways terdekat untuk mengatur/mengubah tanggal keberangkatan ini.

7. Vacant position yang saya ketahui ada 1300 untuk semua posisi, dan walk in interview dilakukan di India, Canada, Mesir dan Negara Negara lain terutama GCC.

8. Agent, dalam hal ini akan membantu anda dalam hal pengurusan dokumen di Indonesia, misal test kesehatan, stamp visa ke kedutaan Kuwait, ticket pesawat keberangkatan dan lain lain. Anda tidak perlu membayar apapun ke agent karena semua sudah dibiayai KOC. Kalaupun terpaksa harus bayar duluan, pastikan ke agent bahwa biaya ini bisa direimburse oleh KOC. Biasanya reimburse bisa dilakukan setelah candidate sampai ke KOC.

9. Posisi Senior PE, Reservoir, Geology dimulai dari Grade 16. Bedanya dengan grade dibawahnya, yang grade 16 dapat fasilitas mobil perusahaan. Bisa ke Saudi, Oman, Qatar dan Bahrain kalau mau. Kalau expertise anda kira kira sudah cocok disebut Sr, jangan segan segan minta grade 16 or up.

10. Welcome To Kuwait, artinya anda akan merasakan sendiri betapa rumit dan mbuletnya urusan administrative di Kuwait setelah menginjakkan kaki pertama kali di Kuwait. Jangan mundur dan pesimis, ada hal hal lain yang lebih menarik setelah anda berhasil menyelesaikan seluruh prosedur administrative ini. Kawan kawan Indonesia yang telah lebih dulu di Kuwait akan dengan senang hati membantu.

Saya sampaikan hal diatas agar Skilled Indonesian Community di Kuwait lebih banyak lagi. Selamat berjuang dan saya tunggu di Kuwait. (by : Ardi )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s