Jam Kerja Di Kuwait


Kalender Hijriah dipakai di Kuwait, oleh karena itu hari libur bukan Sabtu dan Minggu tetapi Jumat dan Sabtu. Beberapa tahun lalu weekend masih hari Kamis dan Jumat, atau sama dengan negara tetangga GCC lainnya. Saat ini beberapa perusahaan yang bekerja di neutral zone atau di perbatasan Kuwait – Arab Saudi saja yang masih  mengikuti aturan lama, yaitu weekend pada hari Kamis dan Jumat. Note : Arab Saudi weekend pada Kamis – Jumat dan Kuwait dan UAE pada hari Jumat-Sabtu.

Kantor kantor di Kuwait umumnya buka mulai jam 7:00 sampai 15:00, tetapi sebaiknya anda menyelesaikan urusan pemerintah sebelum jam 11:00. Seringkalai beberapa kantor pemerintah sudah tidak melayani tamu lagi diatas jam 11:00. Tetapi banyak juga kantor kantor yang memberi pelayanan khusus, buka kembali pada jam tertentu. Sebaiknya anda selalu menanyakan jam kerja ini kalau berurusan di Kuwait. Kantor kantor pelayanan umum seperti Traffic banyak yang buka sampai jam 19:00 dan Forreign Affair dan beberapa ministry di Kuwait City (Liberation Tower) malah memberi pelayanan sampai jam 21:00. Sebaiknya anda tanya saja karena jam buka dan jam tutup kebanyakan kantor tidak seragam.

Bulan Ramadhan jam kerja lebih pendek lagi, umumnya kantor kantor mulai buka jam 08:30 pagi dan tutup jam 14:30. Kerja juga malas malasan pada saat ramadhan, kalau anda terlalu serius sekali, jangan kaget kalau diminta istirahat, ‘Dakwah ….dakwah’, maksudnya ramadhan itu bukan untuk kerja tetapi hanya untuk dakwah saja. Di Kuwait tidak mengakomodasi hari libur nasional agama lain selain Islam, jadi hari besar keaqgamaan yang di Indonesia diliburkan, disini tetap saja kerja. Tetapi tahun baru masehi merupakan hari libur nasional.

Bank buka jam 8.00 sampai jam 14.00, mulai hari Minggu sampai Kamis. Dekat dengan hari gajian, biasanya buka juga sore hari. Beberapa bank ada yang buka di mall atau pertokoan, umumnya jam bukanya mengikuti toko atau mall, dalam arti malam haripun tetap buka. Jam buka toko atau mall disini bervariasi, umumnya untuk toko toko kecil jam buka antara jam 09:00 – 12:00 dan buka kembali jam 4:30 – 21:00. Dan untuk toko toko besar atau mall, bukanya nonstop antara jam 09:00 sampai 22:00. Pada musim panas akan lain lagi, malam hari bisa sampai tengah malam/subuh. Jumat kebanyakan tutup, terutama pada saat sholat Jumat saja, setelah itu buka kembali. Ada beberapa toko, kedai (bakala) yang buka 24 jam. Kalau musim panas dan Ramadhan aktifitas keramaian malam hari. Siang hari molor tidur semua dan kota atau jalan raya sangat sepi sekali. Tetapi kalau malam hari, jam 12 malampun banyak yang baru datang ke mall/pertokoan.

Baca juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s