Pasar Ikan Al Quds (Al Kouts)


Al Quds adalah pasar ikan yang terletak di pinggir pantai didaerah Fahaheel. Cukup jalan kaki saja sekitar 500 meter dari tempat tinggal saya di apartement. Pagi hari sekitar jam 7 dan jam 9 adalah saat saat ramai pasar ini karena jam jam tersebutlah diadakan lelang ikan.

Bayangan saya tentang pasar ikan tak jauh beda dengan anda, bau amis, kumuh, perahu nelayan bertebaran tidak teratur, dan lain sebagainya seperti di sepanjang pantai utara antara Surabaya – Cirebon atau ditempat lelang ikan di Tegal. Tetapi begitu pertama kali saya mengunjungi Pasar Ikan ini langsung saya kagum. Pantainya bersih dan tidak ada bau amis sama sekali, dan yang lebih membuat saya kagum, kapal nelayannya sangat ‘sederhana’ (kata nelayan Kuwait di pasar ikan) yaitu berupa yacht atau semacam kapal pesiar mewah di Indonesia.

Harga ikan, udang, cumi cumi cukup murah apalagi kalau kita ikut beli di tempat pelelangan. Cuma kalau beli di pelelangan harus banyak, sekitar satu ember, biasanya kami patungan berlima untuk membeli satu ember ikan, setelah itu diapartement dibagi rata dan pesta pora masak ikan. (by: Ardi)
Leave a Reply

